Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27451
Title: | PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM MEMINIMALISIR DAMPAK PHUBBING BAGI SISWA UPT SMP NEGERI 45 MEDAN |
Authors: | ADAWIYAH, RABI’AH AL |
Keywords: | Peran Guru;Komunikasi Interpersonal;Teori Belajar Sosial |
Issue Date: | 22-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi guru dalam meminimalisir dampak phubbing di kalangan siswa UPT SMP Negeri 45 Medan. Phubbing merupakan fenomena ketika seseorang lebih memprioritaskan penggunaan ponsel daripada interaksi sosial di sekitarnya. Di lingkungan sekolah, perilaku ini berdampak negatif terhadap proses pembelajaran dan hubungan sosial antar siswa maupun dengan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis dalam menghadapi perilaku phubbing, melalui penerapan komunikasi interpersonal yang efektif, seperti pendekatan persuasif, pemberian edukasi literasi digital, serta kerja sama dengan orang tua. Guru juga melakukan razia rutin dan penerapan sanksi edukatif sebagai bentuk pengawasan. Strategi ini terbukti dapat meningkatkan kesadaran siswa akan dampak negatif phubbing serta mendorong mereka untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan berinteraksi sosial secara langsung. Penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara sekolah dan keluarga dalam menciptakan lingkungan belajar yang bebas dari gangguan digital berlebihan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27451 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI RABI’AH AL ADAWIYAH.pdf | Full Text | 4.73 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.