Abstract:
Penetian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe
Two Stay Two Stray terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas
XI SMA YPK Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA YPK Medan yang terdiri dari 3 kelas
dengan jumlah 80 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-1 ditetapkan
sebagai kelas eksperimen dan XI-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 54 siswa.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan menggunakan desain kontrol pasca-tes. Instrumen yang
digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis
dalam bentuk esai. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks
eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two
stray rata-rata 52,41 termasuk ke dalam kategori sangat kurang atau gagal.
Sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray rata-rata 87,61 termasuk ke dalam
kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai tโ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 16,568 >
2,048 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan menulis eksplanasi pada
siswa kelas XI SMA YPK Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.