Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27434
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NASUTION, DINDA FITRIANI | - |
dc.date.accessioned | 2025-05-26T03:34:31Z | - |
dc.date.available | 2025-05-26T03:34:31Z | - |
dc.date.issued | 2025-03-22 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27434 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan adalah proses penting yang berperan dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter individu, serta menjadi fondasi bagi kemajuan masyarakat. Dalam konteks masyarakat nelayan di Desa Pagurawan, pendidikan anak-anak menghadapi tantangan serius akibat faktor ekonomi dan perilaku. Banyak anak nelayan yang terpaksa bekerja untuk membantu keluarga, sehingga pendidikan sering kali terabaikan. Pandangan orang tua yang menganggap pendidikan tidak penting, serta lingkungan sosial yang negatif, semakin memperburuk situasi. Jenis peneltian yang digunakan adalah metode kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Lokasi penelitian berada di Desa Pagurawan Batubara, Pemilihan narasumber menggunakan teknik purposive sampling, narasumbernya adalah guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang diterapkan oleh guru di SMK Negeri 1 Medang Deras dalam meningkatkan semangat belajar anak nelayan di Desa Pagurawan. Guru membangun kepercayaan dengan memotivasi siswa tentang pentingnya pendidikan untuk masa depan mereka. Sikap mendukung ditunjukkan melalui penyediaan fasilitas yang nyaman dan relevansi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dengan mengintegrasikan pengalaman sehari hari siswa ke dalam proses pembelajaran, guru berhasil membuat pendidikan lebih relevan dan menarik, sehingga meningkatkan semangat belajar siswa. Pendekatan komunikasi yang efektif dan dukungan menyeluruh dari guru berkontribusi pada peningkatan semangat belajar anak nelayan di desa tersebut. Kesimpulan kepercayaan, sikap mendukung, dan sikap terbuka yang diterapkan oleh para guru di Desa Pagurawan secara signifikan meningkatkan semangat belajar anak-anak nelayan. Dengan membangun hubungan saling percaya dan memberikan dukungan konsisten, para guru membantu siswa meraih pendidikan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | pola komunikasi guru | en_US |
dc.subject | semangat belajar | en_US |
dc.subject | dan anak nelayan. | en_US |
dc.title | POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK NELAYAN DI DESA PAGURAWAN KECAMATAN MEDANG DERAS BATUBARA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI DINDA FITRIANI NASUTION .pdf | Full Text | 5.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.