Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27394
Title: | POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DALAM MENGAWASI PENGGUNAAN GAWAI PADA GENERASI ALPHA DI KABUPATEN DELI SERDANG |
Authors: | HUSNAH, RAUDHA HASANATUL |
Keywords: | Komunikasi Orangtua;Gawai;Generasi Alpha |
Issue Date: | 24-Mar-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Di era digital saat ini, penggunaan gawai oleh anak-anak telah menjadi hal yang umum dan tidak dapat terhindarkan. Teknologi menawarkan berbagai manfaat edukatif dan hiburan sehingga tanpa pengawasan yang memadai dari orangtua, anak-anak berisiko terpapar konten yang tidak sesuai, serta mengalami dampak negatif terhadap perkembangan anak. Oleh karena itu, peran orangtua dalam mengawasi dan membimbing penggunaan gawai pada anak sangatlah penting. Pengawasan orangtua tidak hanya melibatkan pemantauan waktu layar, tetapi juga mencakup pemilihan konten yang sesuai dan pengajaran mengenai penggunaan gawai yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara orangtua berkomunikasi dengan anaknya untuk memberi pemahaman terkait hal-hal dalam penggunaan gawai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Harold Laswell. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan wawancara kepada 5 orangtua di Kabupaten Deli Serdang yang memiliki anak dengan kategori generasi alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola komunikasi otoriter (authoritarian) dan pola komunikasi demokratis (authoritative) yang digunakan orangtua dalam mengawasi penggunaan gawai pada anak. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27394 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI RAUDHA HASANATUL HUSNAH.pdf | Full Text | 3.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.