Abstract:
Pembelajaran media berbasis audio visual adalah salah satu media
pembelajaran yang terlihat gambar dan terdengar suaranya secara
langsung yang biasa disebut dengan video. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio
Visual (Video) Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Berbicara
Siswa di Sekolah Darul Muhmin, Thailand. Penelitian ini menggunakan
jenis data kuantitatif. Penelitian ini mengumpulkan data Deskriptif dari
perilaku individu yang terdiri dari kata-kata tertulis atau lisan. Adapun
subjek penelitian ini adalah Siswa. Dalam penelitian ini, data
dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Media Pembelajaran
Berbasis Audio Visual (Video) Bahasa Indonesia sudah cukup baik
untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia siswa
kelas 6 di Sekolah Darul muhmin, Thailand. Setelah membandingkan
penilaian sebelumnya dan sesudah penerapan media pembelajaran
berbasis audio visual (video) bahasa Indonesia, disimpulkan bahwa
penerapan media pembelajaran berbasis audio visual (video) bahasa
Indonesia dinilai berdampak positif dan efektif untuk meningkatkan
kemampuan berbicara siswa kelas 6 Sekolah Darul Muhmin, Thailand.
Nilai rata-rata yang diperoleh pada nilai 1 adalah 68,82 dan nilai ratarata
yang diperoleh pada nilai 2 adalah 85,88. Ini menunjukkan bahwa ada
peningkatan rata-rata nilai 1 ke nilai 2. Jadi, selisih antara nilai rata-rata
dari nilai 1 dan nilai 2 adalah 17,06.