dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pengajaran
berbasis problematika kehidupan dalam pembelajaran materi Shalat Jenazah di
SMP Nurul Hasanah Medan Tembung. Pendekatan yang digunakan adalah
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian terletak pada bagaimana guru
mengaitkan materi pelajaran dengan realitas kehidupan peserta didik, serta
dampaknya terhadap pemahaman dan sikap keagamaan siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi pengajaran berbasis problematika kehidupan mampu
membangun kedekatan makna antara materi Shalat Jenazah dengan pengalaman
konkret siswa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kematian anggota keluarga
atau lingkungan sekitar. Strategi ini juga mendorong partisipasi aktif, empati, dan
refleksi spiritual siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan
ini terbukti relevan dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui
pengajaran yang kontekstual dan menyentuh aspek afektif siswa. |
en_US |