Research Repository

STRATEGI PENGAJARAN BERBASIS PROBLEMATIKA KEHIDUPAN PADA MATERI SHALAT JENAZAH DI SMP NURUL HASANAH MEDAN TEMBUNG

Show simple item record

dc.contributor.author CITRA ANANDA PUTRI, HASIBUAN
dc.date.accessioned 2025-05-23T13:06:18Z
dc.date.available 2025-05-23T13:06:18Z
dc.date.issued 2025-04-15
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27361
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pengajaran berbasis problematika kehidupan dalam pembelajaran materi Shalat Jenazah di SMP Nurul Hasanah Medan Tembung. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian terletak pada bagaimana guru mengaitkan materi pelajaran dengan realitas kehidupan peserta didik, serta dampaknya terhadap pemahaman dan sikap keagamaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran berbasis problematika kehidupan mampu membangun kedekatan makna antara materi Shalat Jenazah dengan pengalaman konkret siswa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kematian anggota keluarga atau lingkungan sekitar. Strategi ini juga mendorong partisipasi aktif, empati, dan refleksi spiritual siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti relevan dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pengajaran yang kontekstual dan menyentuh aspek afektif siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Strategi pembelajaran en_US
dc.subject problematika kehidupan en_US
dc.subject Shalat Jenazah en_US
dc.subject pendekatan kualitatif en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title STRATEGI PENGAJARAN BERBASIS PROBLEMATIKA KEHIDUPAN PADA MATERI SHALAT JENAZAH DI SMP NURUL HASANAH MEDAN TEMBUNG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account