Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27361
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCITRA ANANDA PUTRI, HASIBUAN-
dc.date.accessioned2025-05-23T13:06:18Z-
dc.date.available2025-05-23T13:06:18Z-
dc.date.issued2025-04-15-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27361-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pengajaran berbasis problematika kehidupan dalam pembelajaran materi Shalat Jenazah di SMP Nurul Hasanah Medan Tembung. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian terletak pada bagaimana guru mengaitkan materi pelajaran dengan realitas kehidupan peserta didik, serta dampaknya terhadap pemahaman dan sikap keagamaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran berbasis problematika kehidupan mampu membangun kedekatan makna antara materi Shalat Jenazah dengan pengalaman konkret siswa dalam kehidupan sehari-hari, seperti kematian anggota keluarga atau lingkungan sekitar. Strategi ini juga mendorong partisipasi aktif, empati, dan refleksi spiritual siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti relevan dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui pengajaran yang kontekstual dan menyentuh aspek afektif siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectStrategi pembelajaranen_US
dc.subjectproblematika kehidupanen_US
dc.subjectShalat Jenazahen_US
dc.subjectpendekatan kualitatifen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleSTRATEGI PENGAJARAN BERBASIS PROBLEMATIKA KEHIDUPAN PADA MATERI SHALAT JENAZAH DI SMP NURUL HASANAH MEDAN TEMBUNGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
file skripsi citra ananda putri hsb(2101020084).pdfFull Text4.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.