Research Repository

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA TAMAN SEDULUR DIRGANTARA KECAMATAN PANTAI LABU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, ADELA IKA
dc.date.accessioned 2025-05-23T07:08:48Z
dc.date.available 2025-05-23T07:08:48Z
dc.date.issued 2025-03-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27319
dc.description.abstract Komunikasi pariwisata adalah proses penyampaian informasi dan pesan tentang suatu destinasi kepada khalayak dengan tujuan meningkatkan kesadaran, minat, dan keinginan untuk berwisata. Komunikasi pariwisata mencakup berbagai kegiatan, seperti: Pemasaran, Hubungan Masyarakat, Periklanan, Pendidikan dan Layanan. Komunikasi pariwisata yang efektif menargetkan audiens yang tepat, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan menyediakan informasi yang relevan dan menarik. Berdasarkan observasi peneliti, Pariwisata di Indonesia, khususnya di daerah pedesaan, memiliki potensi yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Taman Sedulur Dirgantara merupakan tempat wisata untuk melihat pesawat terbang yang berbentuk seperti taman. Meskipun memiliki potensi daya tarik karifan lokal, tetapi jumlah pengunjung Taman Sedulur Dirgantara masih belum maksimal. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka metode yang di gunakan oleh penulis yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penulis melakukan wawancara kepada 3 narasumber terdiri dari pemilik wisata Taman Sedulur Dirgantara dan dua pengujung wisata Taman Sedulur Dirgantara. Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan oleh penulis, strategi komunikasi pariwisata yang di lakukan oleh pemilik atau pengelolah taman sedulur digantara yaitu dengan melakukan promosi lewat sosial media seperti Instagram dan Facebook serta review video dari para pengujung yang pernah berkunjung ke Taman Sedulur Dirgantara di YouTube dan Tiktok. Kemudian, strategi lainya yaitu dengan menjaga keindahan tempat wisata dan menjaga fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata serta meningkatkan pelayanan dan keamanan yang ada di Taman Sedulur Dirgantara. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Komunikasi Pariwisata en_US
dc.subject Taman Sedulur Dirgantara en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA TAMAN SEDULUR DIRGANTARA KECAMATAN PANTAI LABU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account