Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27311
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorATHALLAH PUTRA, YAMANSYAH-
dc.date.accessioned2025-05-23T06:22:44Z-
dc.date.available2025-05-23T06:22:44Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27311-
dc.description.abstractPenelitian ini membahas iklan layanan masyarakat "Pemilu Cerdas Lawan Hoax" yang ditayangkan di kanal YouTube TVRI Nasional. Iklan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya bersikap kritis terhadap informasi yang beredar, khususnya menjelang pemilu, guna menghindari penyebaran hoaks yang dapat merusak tatanan demokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes yang mengkaji makna melalui tiga tingkatan: denotasi, konotasi, dan mitos. Data dikumpulkan melalui teknik observasi terhadap tayangan iklan dan dokumentasi berupa tangkapan layar dari video. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan tersebut secara visual dan naratif menyampaikan pesan kuat tentang bahaya hoaks, pentingnya verifikasi informasi, serta ajakan untuk menjadi pemilih yang cerdas. Penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi dalam kajian komunikasi visual, tetapi juga menjadi acuan praktis bagi pembuat iklan layanan masyarakat dalam menyusun pesan yang efektif dan edukatif, penelitian ini meberikan kontribusi dalam kajian komunikasi, khususnya dalam memahami peran semiotika dalam kampanye sosial agar lebih efektif dalam menyampaikan pesan edukatif.en_US
dc.subjectSemiotika Roland Barthesen_US
dc.subjectIklan Layanan Masyarakaten_US
dc.subjectHoaxen_US
dc.subjectPemiluen_US
dc.subjectTVRIen_US
dc.titleANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PEMILU CERDAS LAWAN HOAX” DIKANAL YOUTUBE TVRI NASIONALen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ATHALLAHPUTRAYAMANSYAHH_FIX.pdfFull Text1.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.