dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi organisasi yang
dilakukan Dinas Sosial Kota Medan dalam menyampaikan program bantuan
kepada masyarakat miskin. Metode penelitian yang dipergunakan yakni
pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, serta studi dokumentasi. Teknik analisis data di studi ini melalui
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan.
Temuan penelitian menampilkan bahwasanya strategi komunikasi yang
digunakan bersifat partisipatif dan langsung, dengan media komunikasi utama
berupa pertemuan tatap muka di kelurahan. Meskipun media digital mulai
digunakan, keterbatasan akses masyarakat menjadikan komunikasi langsung
tetap paling efektif. Tantangan utama dalam proses komunikasi adalah
perbedaan pemahaman, rendahnya partisipasi masyarakat, serta keterbatasan
teknologi. Evaluasi dilakukan melalui pengawasan lapangan dan laporan dari
pendamping sosial. Dinas Sosial juga membangun kepercayaan publik melalui
keterbukaan informasi dan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program.
Temuan ini mendukung teori komunikasi organisasi dan hubungan publik, serta
menunjukkan pentingnya pendekatan humanis dan evaluasi berkelanjutan dalam
strategi komunikasi sosial. |
en_US |