Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27269
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRitonga, Maulyda Syita-
dc.date.accessioned2025-05-20T11:03:15Z-
dc.date.available2025-05-20T11:03:15Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27269-
dc.description.abstractPenelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data pada penelitian berupa lembar observasi dan tes. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari prasiklus 50,66%, siklus I 60,66% dan siklus II menjadi 81,33% yang artinya terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10%, sedangkan peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 20%. Berdasarkan fenomena yang terjadi, bahwa dari penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPA dikelas IV menjadi lebih menyenangkan dan menarik, serta partisipasi siswa meningkat dalam proses belajar, siswa yang menjadi super aktif, meningkatkan kreativitas siswa serta meningkatkan inovasi dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectkemampuan berpikir kritisen_US
dc.subjectmedia puzzleen_US
dc.subjectpembelajaran IPAen_US
dc.titleImplementasi Media Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Untuk Mata Pelajaran IPA Pada Materi Sistem Tata Surya Di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysiaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Maulyda Syita Ritonga- 2102090037.pdfFull text13.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.