Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27264
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMaharani, Siska-
dc.date.accessioned2025-05-20T10:49:37Z-
dc.date.available2025-05-20T10:49:37Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27264-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran berbasis animasi Powtoon pada mata pelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah 31 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran IPAS pada materi siklus air, untuk mengkaji kepraktisan media yang dikembangkan, serta untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis animasi Powtoon. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun dalam penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap Implementation. Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan validasi oleh ahli dan uji coba skala kecil di lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini mendapat penilaian dari ahli media sebesar 66%, ahli materi sebesar 93%, sedangkan dari guru sebesar 66% dan dari siswa sebesar 89%, yang mengindikasikan bahwa media ini layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas V.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPengembangan Media Pembelajaranen_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.subjectPowtoonen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas V Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah 31 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SISKA MAHARANI_2102090146.pdfFull text7.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.