Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27251
Title: | STRATEGI KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENGURANGI SCREEN TIME ANAK USIA DINI DI DESA BARTONG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI |
Authors: | AINA, NURUL |
Keywords: | Strategi Komunikasi;Komunikasi;Keluarga |
Issue Date: | 25-Mar-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Perkembangan teknologi di era digital merubah cara hidup di berbagai aspek kehidupan termasuk dalam pola interaksi dan aktivitas sehari-hari. Penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan televisi, kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, baik dewasa maupun anak-anak yang berusia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi keluarga dalam mengurangi screen time anak usia dini di Desa Bartong Kabupaten Serdang Bedagai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Konsep penelitian menggunakan kategorisasi penelitian dari aspek utama yaitu Komunikator, Pesan, Media, Komunikan, dan Umpan Balik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan narasumber sebanyak lima orang yang merupakan masyarakat atau keluarga dari anak yang terpapar screen time. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif yaitu dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbicara lemah lembut dan pemberian contoh langsung lebih efektif daripada aturan pembatasan waktu layar. Orang tua mengalihkan perhatian anak dengan aktivitas fisik dan sosial untuk mengurangi ketergantungan pada perangkat layar. Meskipun strategi yang diterapkan terbukti efektif, evaluasi dan penyesuaian strategi tetap diperlukan untuk hasil yang lebih optimal. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27251 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NURUL AINA.pdf | Full Text | 3.12 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.