Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAULIA, AHMAD \-
dc.date.accessioned2025-05-17T02:56:01Z-
dc.date.available2025-05-17T02:56:01Z-
dc.date.issued2025-03-17-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27245-
dc.description.abstractIndonesia adalah salah satu ciri negara demokrasi dengan adanya sistem pemerintahan yang didasarkan pada kedaulatan rakyat, setiap individu memiliki hak untuk menentukan pemerintahan dan kebijakan melalui mekanisme Pemilu. Pilkada adalah merupakan suatu proses untuk memilih orang agar menduduki jabatan-jabatan tertentu dengan tingkatan yang berbeda. Setiap pasangan calon pemimpin daerah mengharuskan memiliki kemampuan komunikasi agar dapat meyakinkan calon pemilih agar memberikan hak suara mereka. Strategi komunikasi politik merupakan momen penting untuk memasarkan setiap pasangan calon pemimpin daerah kepada masyarakat dalam Pilkada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi politik yang digunakan oleh tim pemenangan Jeffry Sentana dan M. Haikal dalam upaya memenangkan kontestasi Pilkada 2024 di Kota Langsa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Laswell yang merumuskan dalam komunikasi terdapat sebuah proses di mana setiap tahapannya memiliki makna yang bergantung pada pemahaman dan persepsi penerima pesan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penetapan informan menggunakan purposive sampling. Penulis melakukan wawancara kepada 4 orang narasumber dari tim pemenangan Jeffry Sentana dan M. Haikal. Berdasarkan hasil penelitian dengan seluruh informan, menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik yang dilakukan mendapat respons positif dari masyarakat serta mendapat dukungan dari masyarakat Kota Langsa, khususnya pada kaum generasi Z dan Milenial. Strategi komunikasi politik yang digunakan oleh tim pemenangan Jeffry Sentana dan M. Haikal terbukti efektif dengan kemenangan yang dihasilkan pada Pilkada 2024 di Kota Langsa yang menjadikan mereka sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectPilkadaen_US
dc.subjectPasangan Calonen_US
dc.titleSTRATEGI KOMUNIKASI POLITIK JEFFRY SENTANA DAN M HAIKAL DALAM PEMENANGAN PILKADA 2024 DI KOTA LANGSen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AHMAD AULIA.pdfFull Text6.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.