Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27219
Title: Strategi Komunikasi Badan Pendapatan Daerah Kota Medan Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Di Kota Medan
Authors: Kelud Hakim, Muhammad Imam
Keywords: Strategi Komunikasi;Pajak;Pajak Bumi;Bangunan;Bapenda
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Setiap tahun, Pemerintah Kota menetapkan target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Namun, tidak selalu target tersebut dapat tercapai dengan optimal. Strategi komunikasi memiliki peran penting dalam efektifitas penerimaan pajak. Strategi lain yang digunakan oleh Bapenda adalah sosialisasi dalam mendorong kemudahan bagi masyarakat yang ingin membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan penerapan digitalisasi untuk proses pembayaran PBB yang berkolaborasi bersama PT. Bank Sumut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Medan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membayar Pajak Bumi dan Bangunan, serta mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi dalam implementasi strategi komunikasi tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Lasswell merumuskan sebuah elemen-elemen sederhana yang menjadi landasan untuk memahami komunikasi secara mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penetapan informan menggunakan purposive sampling. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan pengumpulan data, reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan Bapenda Kota Medan menggunakan komunikasi persuasif dengan bentuk menghimbau, sosialisasi dan edukasi dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak kepada wajib pajak kecil. Sedangkan Fokus penagihan diarahkan kepada wajib pajak bernilai besar, khususnya dari klasifikasi Buku 4 dan 5 serta korporasi besar, untuk mempercepat pencapaian target penerimaan menggunakan strategi dengan cara sidak dan memberi surat perintah pajak. Namun demikian, upaya peningkatan penerimaan PBB masih menghadapi hambatan seperti rendahnya pengetahuan tentang pajak setelah diadakan sosialisasi, dampak ekonomi pasca pandemi, serta keterbatasan infrastruktur dan sumber daya manusia
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27219
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD IMAM KELUD HAKIM.pdfFull Text3.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.