Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27218
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Assura Adenia-
dc.date.accessioned2025-05-15T09:46:45Z-
dc.date.available2025-05-15T09:46:45Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27218-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Pembelajaran PKN pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Lokasi penelitian ini adalah SD Muhammadiyah 21, Kec. Medan Kota Medan Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran Pop Up Book memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKN di SD Muhammadiyah 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan media pembelajaran Pop Up Book menunjukkan rata-rata untuk semua indikator baik dari segi motivasi belajar maupun kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yaitu pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book dengan rata-rata dari kelima indikator kreativitas belajar pada pre test sebesar 72,54 meningkat menjadi 85,69 pada post test.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Buku Pop Upen_US
dc.subjectHasil Pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh penggunaan media pembelajaran pop up book terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran pkn pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
jurnal AAD.pdfFull text2.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.