Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27201
Title: HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN
Authors: FEBRIANTI, AN NISA
Keywords: Gaya Mengajar Guru;Motivasi Belajar Siswa
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas V berjumlah 41 siswa. Dalam penelitian ini sampel peneliti menggunakan “totally sampling” yang artinya peneliti mengambil semua populasi kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan yang berjumlah 41 siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yaitu angket gaya mengajar guru ( Variabel X ) dan angket motivasi belajar siswa ( Variabel Y). Teknik analisis data menggunakan statistic korelasi product moment dan uji t.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dengan indeks korelasi rhitung = 0,625 > rtabel = 0,308 dan nilai thitung = 5,006 > ttabel = 1,684 dengan hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dengan tingkat signifikan sebesar 39,0625%.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27201
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AN NISA FEBRIANTI.pdfFull Text5.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.