Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27184
Title: | Analisis Teori Penialian Sosial Siswa Smk Putra Anda Binjai Terhadap Informasi Yang Disampaikan Melalui Media Sosial |
Authors: | Dwiputri T, Jihan Almira |
Keywords: | Media sosial;teori penilaian sosial;literasi digital;evaluasi informasi;siswa SMK |
Issue Date: | 17-Apr-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Perkembangan pesat teknologi digital telah menjadikan media sosial sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda. Media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai sumber utama informasi. Namun, derasnya arus informasi yang tersebar di media sosial sering kali tidak diiringi dengan keakuratan yang memadai, sehingga memunculkan tantangan dalam menilai validitas informasi yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana siswa SMK Putra Anda Binjai mengevaluasi informasi yang mereka peroleh melalui media sosial menggunakan Teori Penilaian Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui survei terhadap siswa SMK Putra Anda Binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa lebih percaya pada informasi yang berasal dari akun-akun yang mereka ikuti dan sering mereka lihat di media sosial. Selain itu, faktor lingkungan sosial, terutama teman sebaya, memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk persepsi siswa terhadap informasi. Temuan lainnya menunjukkan bahwa tingkat literasi digital siswa masih perlu ditingkatkan, mengingat banyak siswa yang masih terpengaruh oleh informasi viral tanpa melakukan verifikasi terlebih dahulu. Analisis korelasi dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepercayaan siswa terhadap media sosial dengan kecenderungan mereka menyebarkan informasi tanpa melakukan pengecekan kebenaran terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menegaskan perlunya peningkatan literasi digital bagi siswa agar mereka lebih kritis dalam menyaring informasi yang diterima. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan program edukasi yang lebih efektif dalam membantu siswa memahami dan mengevaluasi informasi secara bijak. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27184 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
JIHAN ALMIRA DWIPUTRI TANNAZ_2103110129.pdf | Full Text | 1.83 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.