Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27183
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFiranti, Audri-
dc.date.accessioned2025-05-14T11:01:04Z-
dc.date.available2025-05-14T11:01:04Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27183-
dc.description.abstractRetorika merupakan suatu seni dalam berbicara yang tidak hanya berfokus pada kemampuan berbicara tetapi juga melibatkan metode dan strategi dalam menyampaikan pesan yang bersifat rasional, empiris, dan umum sehingga mudah untuk dipahami. Retorika dalam komunikasi dakwah memiliki pengaruh yang sangat penting dalam proses penyampaian pesan dakwah secara presuasif dan efektif. Gus Miftah merupakan seorang pendakwah yang dikenal dengan ciri khas retorikanya yang unik, sehingga mampu mempengaruhi para audiens. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis retorika komunikasi yang diterapkan oleh Gus Miftah dalam ceramahnya pada tayangan Dakwah Pedia Edisi Pengajian Akbar Boyolali melalui platform YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis retorika dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam peelitian ini dilakukan dengan cara menonton video ceramah Gus Miftah melalui platform YouTube Dakwah Pedia edisi Pengajian Akbar Boyolali. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teori retorika Aristoteles yang berfokus pada ethos (kredibilitas), pathos (emosional), dan logos (argumentasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan dakwah Gus Miftah sangat dipengaruhi dengan adanya penerapan tiga unsur utama retorika, yaitu ethos yang ditampilkan melalui kepribadianya dan gaya ceramahnya, pathos digunkan melalui humor serta kisah-kisah inspiratif yang menggugah emosi, dan logos berfokus pada penyampaian argumentasi yang logis serta mudah dipahami. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa retorika komunikasi yang diterapkan Gus Miftah dalam ceramah melalui platform YouTube tidak hanya bersifat infomatif, tetapi juga interaktif dan menghibur. Hal ini membuat pesan dakwah dapat diterima lebih mudah oleh para audiens, terutama yng aktif dalam media digital.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectRetorikaen_US
dc.subjectKomunikasi Dakwahen_US
dc.subjectYouTubeen_US
dc.titleAnalisis Retorika Komunikasi Gus Miftah Dalam Ceramah Melalu Platform Youtube Dakwah Pedia Edisi Pengajian Akbar Boyolalien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AUDRI FIRANTI_2103110123.pdfFull Text3.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.