Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27181
Title: PERAN IKATAN REMAJA MASJID SILATURAHMI ( IKRAMS ) SEBAGAI KOMUNIKATOR DALAM MENYAMPAIKAN PESAN KEAGAMAAN PADA GENERASI MUDA DI KOTA MEDAN
Authors: Sari, Vinny Meilia
Keywords: IKRAMS;komunikator;pesan keagamaan;remaja;dakwah;Med
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran Ikatan Remaja Masjid Silaturahmi (IKRAMS) sebagai komunikator dalam menyampaikan pesan keagamaan kepada generasi muda di Kota Medan. Dalam era modernisasi dan kemajuan teknologi informasi, penyampaian pesan keagamaan kepada remaja membutuhkan pendekatan yang kreatif, komunikatif, dan sesuai dengan karakteristik generasi muda, dengan menggunakan teori komunikasi Wilber Schram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap ketua, Pembina dan warga sekitar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa IKRAMS memiliki peran strategis dalam menyampaikan nilai-nilai Islam melalui berbagai aktivitas keagamaan dan media komunikasi modern. sebagai penyampai pesan keagamaan melalui pendekatan personal dan digital, sebagai fasilitator kegiatan dakwah yang menarik bagi remaja, sebagai pembentuk komunitas remaja Islam yang aktif dan progresif, serta sebagai teladan dalam kehidupan beragama. IKRAMS mampu membangun komunikasi dakwah yang efektif dengan memanfaatkan media sosial, gaya bahasa yang relevan, dan kegiatan yang bersifat partisipatif. Temuan ini menunjukkan bahwa organisasi remaja masjid memiliki potensi besar sebagai agen perubahan dalam pembinaan keagamaan generasi muda.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27181
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
VINNY MEILIA SARI_2103110133.pdfFull Text1.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.