Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27152
Title: | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD) BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV FASE B DI SEKOLAH DASAR |
Authors: | RIZQANA, IRHAMNA |
Keywords: | Understanding By Design (UbD);Culturally Responsive Teaching (CRT) |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Understanding By Design (UbD) Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Fase B Di Sekolah Dasar dan untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Understanding By Design (UbD) Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Fase B Di Sekolah Dasar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan respon guru dan siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah 18 Medan kelas IV yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu : Analisis (Analyze), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Instrumen peneltian yang digunakan yaitu validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran Understanding By Design (UbD) Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Fase B Di Sekolah Dasar yang layak digunakan. Kelayakan yang diperoleh dari validasi ahli materi menyatakan sangat valid dan layak digunakan dengan presentase 94,54%, validasi ahli bahasa menyatakan sangat valid dan layak digunakan dengan presentase 93,33%, ahli desain menyatakan sangat valid dan layak digunakan dengan presentase 96,66%. Respon guru terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan menyatakan sangat praktis dan layak digunakan dengan presentase 96%, respon siswa menyatakan sangat praktis dengan presentase 91,37%. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran Understanding By Design (UbD) Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Fase B Di Sekolah Dasar layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27152 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI_IRHAMNA RIZQANA_2102090188.pdf | Full text | 6.95 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.