Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27130
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARI, MEGA INTAN PERMATA-
dc.date.accessioned2025-05-10T04:06:26Z-
dc.date.available2025-05-10T04:06:26Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27130-
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan bentuk studi pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran "Kartu ASIK" untuk mendukung proses belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV di SD Swasta Bakti 1. Latar belakang dari penelitian ini adalah terbatasnya ketersediaan fasilitas dan infrastruktur yang terdapat di lingkungan sekolah dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang optimal. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran IPAS, khususnya pada materi "Indonesiaku Kaya Budaya", dikembangkan media pembelajaran Kartu ASIK sebagai alat bantu dalam proses pengajaran. Pengembangan media ini mengikuti Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan utama: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini melibatkan satu orang guru wali kelas serta 20 siswa kelas IV sebagai responden. Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi yang ditujukan kepada tiga orang ahli serta angket kepraktisan yang diberikan kepada guru dan peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bahwa media pembelajaran Kartu ASIK layak digunakan dalam pembelajaran, dengan memperoleh rata-rata nilai 89% dari validator ahli desain media (kategori layak), 91% dari validator ahli bahasa (kategori layak digunakan), dan 85% dari validator ahli materi (kategori layak digunakan). Sedangkan untuk kepraktisan, media ini memperoleh rata-rata sebesar 92% diperoleh dari tanggapan guru (kategori praktis digunakan). Sementara itu, respon dari siswa mencapai 93% (kategori praktis digunakan). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan media pembelajaran Kartu ASIK telah terbukti memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, sehingga sesuai untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di tingkat sekolah dasar.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectKartu ASIKen_US
dc.subjectCanvaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ASIK BERBANTUAN CANVA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD SWASTA BAKTI 1en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_MEGA_INTAN_PERMATA_SARI_PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_KARTU_ASIK_BERBANTUAN_CANVA_SD[1].pdfFull Text14.76 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.