Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk merancang media pembelajaran dalam
bentuk komik Matematika Budaya Melayu (KOMADAYU) untuk siswa kelas III
di SDN 104230 Batang Kuis. Media komik ini memperdalam pemahaman peserta
didik terhadap konsep fundamental dalam geometri bidang melalui media
pembelajaran berbasis komik dan memasukkan nilai budaya Melayu ke dalam
proses pembelajaran mereka. Penelitian dan Pengembangan (R&D) dilakukan
memanfaatkan Pendekatan ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Perancangan,
Pengembangan, Implementasi, serta Evaluasi. Instrumen penelitian mencakup
angket validasi dari para pakar di bidang media, linguistik, dan materi, disertai
dengan wawancara serta uji coba yang melibatkan pendidik dan peserta didik
adalah semua metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media KOMADAYU diberi kategori "sangat layak" untuk
digunakan dalam pembelajaran dan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi
dengan perolehan nilai sebesar 94%. Selain itu, kepraktisan media yang
didasarkan pada tanggapan guru dan siswa juga menunjukkan hasil yang positif
sebesar 93,81%: peserta didik menunjukkan peningkatan antusiasme serta
motivasi yang lebih tinggi dalam mempelajari matematika dengan media komik
ini. Studi ini menemukan bahwa alat pembelajaran KOMADAYU berhasil
meningkatkan pemahaman siswa tentang bangun datar dan memungkinkan
mereka untuk mengaitkan matematika dengan budaya lokal. Komik dapat menjadi
alternatif inovatif untuk mengajar matematika di sekolah dasar.