Research Repository

Eksperimentasi Bahan Ajar BIPA Level Dasar Terhadap Kemampuan Membaca di Islam Wittaya School

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-05-09T10:20:49Z
dc.date.available 2025-05-09T10:20:49Z
dc.date.issued 2025-04-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27114
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas bahan ajar BIPA "Membaca Fasih Kombinasi Huruf" dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa level dasar di Islam Wittaya School. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. sampel penelitian terdiri dari 10 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan membaca, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan membaca siswa setelah menggunakan bahan ajar. Skor rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan pretest, dan jumlah siswa yang mencapai kategori Mahir bertambah. Uji normalitas dan homogenitas memastikan distribusi data yang valid, sementara hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor awal dan akhir. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa bahan ajar BIPA "Membaca Fasih Kombinasi Huruf" efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa BIPA di tingkat dasar. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject BIPA en_US
dc.subject Kemampuan Membaca en_US
dc.subject Bahan Ajar en_US
dc.title Eksperimentasi Bahan Ajar BIPA Level Dasar Terhadap Kemampuan Membaca di Islam Wittaya School en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account