Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas bahan ajar BIPA
"Membaca Fasih Kombinasi Huruf" dalam meningkatkan kemampuan
membaca siswa level dasar di Islam Wittaya School. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. sampel
penelitian terdiri dari 10 siswa. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan
membaca, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan
membaca siswa setelah menggunakan bahan ajar. Skor rata-rata posttest
lebih tinggi dibandingkan pretest, dan jumlah siswa yang mencapai kategori
Mahir bertambah. Uji normalitas dan homogenitas memastikan distribusi
data yang valid, sementara hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang
signifikan antara skor awal dan akhir. Kesimpulan penelitian ini adalah
bahwa bahan ajar BIPA "Membaca Fasih Kombinasi Huruf" efektif digunakan
untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa BIPA di tingkat dasar.