Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27108
Title: PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 064965 MEDAN TIMUR
Authors: RAHAYU, RIFA GUSTRI
Keywords: Metode Pembelajaran;Index Card Match;Kemampuan Memahami Soal Cerita
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode Index Card Match terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika pada siswa kelas III SD Negeri 064965 Medan Timur, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan jam dan waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel terdiri dari 44 siswa yang dibagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sample yaitu probability sampling. Variabel bebas adalah metode index card match, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan memahami soal cerita matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes essay sebanyak 10 soal, dan analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis yang digunakan ialah independent t-test. Hasil Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis menunjukkan nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen setelah perlakuan dengan menggunakan metode index card match adalah 83, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional memperoleh rata-rata 54. Uji hipotesis (t-test) menghasilkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, metode index card match terbukti berpengaruh terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika pada siswa kelas III SD Negeri 064965 Medan Timur
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27108
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RIFA_GUSTRI_RAHAYU_2102090081_FINISH.pdfFull Text5.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.