Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode
Index Card Match terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika pada
siswa kelas III SD Negeri 064965 Medan Timur, khususnya pada materi
penjumlahan dan pengurangan jam dan waktu. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel terdiri dari 44 siswa yang
dibagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan teknik pengambilan
sample yaitu probability sampling. Variabel bebas adalah metode index card match,
sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan memahami soal cerita
matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui tes essay sebanyak 10 soal, dan
analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji
hipotesis yang digunakan ialah independent t-test. Hasil Hasil yang diperoleh
berdasarkan analisis menunjukkan nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen setelah
perlakuan dengan menggunakan metode index card match adalah 83, sedangkan
kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional memperoleh rata-rata 54.
Uji hipotesis (t-test) menghasilkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, sehingga
Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, metode index card match terbukti
berpengaruh terhadap kemampuan memahami soal cerita matematika pada siswa
kelas III SD Negeri 064965 Medan Timur