Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/27096
Title: | ANALISIS MAKNA VISUAL VIDEO REWIND INDONESIA 2023 PADA KANAL YOUTUBE INDONESIAN CREATORS |
Authors: | FATHIN, MUHAMMAD RIFQI |
Keywords: | Semiotika Roland Barthes;Makna Visual;Media baru |
Issue Date: | 11-Mar-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Rewind Indonesia merupakan rangkuman tahunan berbagai tren dan fenomena yang terjadi di Indonesia, dikemas dalam bentuk video dengan elemen visual yang kaya akan simbol dan makna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna visual dalam Rewind Indonesia 2023 menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, yang mencakup analisis denotasi, konotasi, dan mitos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap video Rewind Indonesia 2023, dokumentasi cuplikan adegan, serta studi literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media refleksi sosial yang mempresentasikan berbagai isu penting, seperti kasus kekerasan, kritik terhadap hukum, fenomena budaya populer, serta nasionalisme dan prestasi generasi muda Indonesia. Analisis semiotika Roland Barthes mengungkapkan bahwa setiap adegan dalam video memiliki lapisan makna yang lebih dalam, yang ditampilkan melalui elemen visual seperti warna, simbol, pencahayaan, serta ekspresi karakter. Video juga membangun mitos tertentu di masyarakat, seperti citra nasionalisme, serta perlawanan terhadap ketidakadilan. Dengan demikian, hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa elemen visual dalam media digital memiliki peran penting dalam membentuk opini dan persepsi publik terhadap fenomena sosial |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27096 |
Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
skripsi muhammad rifqi fathin+lampiran.pdf | Full Text | 3.05 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.