Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh customer review terhadap keputusan
pembelian, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorser,
persepsi harga dan customer review terhadap keputusan pembelian mahasiswa
FEB UMSU pada produk Erigo di shopee. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh mahasiswa FEB UMU yang pernah membeli produk Erigo di Shopee
dengan jumlah sampel 96 orang yang ditentukan menggunakan rumus Lemeshow
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket lalu diuji
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t
dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini
menggunakan program software SPSS (versi 24.00). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan celebrity endorser terhadap
keputusan pembelian, ada pengaruh positif signifikan persepsi harga terhadap
keputusan pembelian, ada pengaruh positif signifikan customer review terhadap
keputusan pembelian ada pengaruh celebrity endorser, persepsi harga dan
customer review terhadap keputusan pembelian.