Research Repository

Penerapan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV di SD UPT SPF SDN 106797 Bulu Cina

Show simple item record

dc.contributor.author Supriyanti, Enny
dc.date.accessioned 2025-05-08T08:50:09Z
dc.date.available 2025-05-08T08:50:09Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27092
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV di SD UPT SPF SDN 106797 Bulu Cina melalui penerapan media cerita bergambar. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas, antara lain: siswa mengalami kesulitan dalam menyusun ide, merangkai kalimat, dan mengembangkan alur cerita, rendahnya kreativitas dan motivasi siswa, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian meliputi: Tes dan observasi. Data yang diperoleh yaitu secara Teknik Kualitatif Analisis Deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV SD UPT SPF SDN 106797 Bulu Cina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media cerita bergambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa, yang ditunjukkan melalui peningkatan hasil penilaian karangan narasi. Dari 25 siswa, 10 siswa (40%) berada pada kategori Baik, 7 siswa (28%) pada kategori Cukup, 6 siswa (24%) pada kategori Sangat Baik, dan 2 siswa (8%) pada kategori Kurang. Peningkatan signifikan terlihat pada hasil tes dari pra siklus hingga siklus II, di mana hanya 6 siswa (24%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pra siklus, dan meningkat menjadi 14 siswa (56%) pada siklus I, serta 23 siswa (92%) pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan, dari 68,28% pada pra siklus menjadi 73,92% pada siklus I, dan 80,08% pada siklus II. Selain itu, aktivitas guru dan siswa juga meningkat, dengan aktivitas guru mencapai 88,88% dan aktivitas siswa mencapai 90,74% pada siklus II, yang menunjukkan pembelajaran berjalan dengan efektif dan interaktif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV SD UPT SPF SDN 106797 Bulu Cina. en_US
dc.subject kemampuan menulis narasi en_US
dc.subject media cerita bergambar en_US
dc.subject siswa kelas IV en_US
dc.subject pembelajaran Bahasa Indonesia en_US
dc.title Penerapan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas IV di SD UPT SPF SDN 106797 Bulu Cina en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account