Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27091
Title: Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Kelas IV SD Swasta Attaufiq Medan
Authors: Huda, Utami Nurul
Keywords: Pemahaman Konsep IPAS;Model Kooperatif Tipe TGT
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa dalam materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi dengan menggunakan model kooperatif tipe team games tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan II siklu, subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Swasta Attaufiq Medan. Metode pengumpulan data penelitian meliputi: Tes dan observasi. Teknik analis data yang digunakan adalah teknik kualitatif analisis deskriptip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengggunaan model kooperatif tipe team games tournament dalam materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi telah berhasil meningkatkan pemahaman konsep IPAS. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model kooperatif tipe team games tournament mempengaruhi tingkat pemahaman konsep IPAS, ini terbukti dengan kemampuan siswa dalam memahami materi bagian-bagian tumbuhan dan fotosintesis mengalami peningkatan. Dimana hasil prasiklus ke siklus I mengalami kenaikan sebesar 26,9% yaitu dari 26,9% dengan ketuntasan siswa berjumlah 7 orang menjadi 53,8% dengan ketuntasan siswa berjumlah 14 orang dengan nilai rata-rata 70,69%. Pada siklus II dilakukan kembali penerapan model kooperatif tipe team games tournament dan menunjukkan pemahaman siswa dengan materi bagian bagian tumbuhan dan fotosintesis yang lebih meningkat dibandingkan siklus I dengan nilai rata-rata 84,92% dan presentase 92,3% dimana siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 24 siswa dan 2 orang yang tidak tuntas
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27091
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI UTAMI NURUL HUDA.pdfFull text8.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.