Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa dalam
materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi dengan menggunakan model
kooperatif tipe team games tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan II siklu, subyek penelitian adalah siswa
kelas IV SD Swasta Attaufiq Medan. Metode pengumpulan data penelitian
meliputi: Tes dan observasi. Teknik analis data yang digunakan adalah teknik
kualitatif analisis deskriptip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengggunaan
model kooperatif tipe team games tournament dalam materi tumbuhan sumber
kehidupan di bumi telah berhasil meningkatkan pemahaman konsep IPAS.
Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model kooperatif tipe team games
tournament mempengaruhi tingkat pemahaman konsep IPAS, ini terbukti dengan
kemampuan siswa dalam memahami materi bagian-bagian tumbuhan dan
fotosintesis mengalami peningkatan. Dimana hasil prasiklus ke siklus I mengalami
kenaikan sebesar 26,9% yaitu dari 26,9% dengan ketuntasan siswa berjumlah 7
orang menjadi 53,8% dengan ketuntasan siswa berjumlah 14 orang dengan nilai
rata-rata 70,69%. Pada siklus II dilakukan kembali penerapan model kooperatif tipe
team games tournament dan menunjukkan pemahaman siswa dengan materi bagian
bagian tumbuhan dan fotosintesis yang lebih meningkat dibandingkan siklus I
dengan nilai rata-rata 84,92% dan presentase 92,3% dimana siswa yang dinyatakan
tuntas sebanyak 24 siswa dan 2 orang yang tidak tuntas