Abstract:
Pada penelitian ini permasalahan yaitu tingkat kemandirian dan
ketahanmalangan siswa masih rendah, pemecahan masalah siswa yang sangat
rendah. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
kemandirian dan ketahanmalangan (adversity quotient) terhadap kemampuan
pemecahan masalah belajar matematika pada siswa SMA Muhammadiyah 18
Sunggal T.P 2019/2020. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan
desain Kemampuan Awal Matematika (KAM) and One Group Pre-Test and PostTest Control Design dengan menggunakan kuesioner kemandirian dan nilai AQ.
Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P
2019/2020 dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 dengan
jumlah 30 siswa yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 1 dengan
jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes PreTest dan Post-test. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji
prasyarat : uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinier serta uji hipotesis
dengan menggunakan analisis regresi linier berganda : uji F(imutan) dan uji t
(Parsial). Pada hasil analisis data untuk uji prasyarat menyatakan bahwa data pada
penelitian ini berdistribusi normal, linier dan variabel-variabelnya tidak
multikolinier. . Sedangkan pada uji hipotesis, tabel Anova memiliki nilai sig yaitu
0,000 dan tabel Coefficients juga menunjukkan hasil yang sama yaitu nilai sig
0,001 pada kemandirian dan 0,010 pada ketahanmalangan sehingga H0 diterima.
Hal ini berarti ada pengaruh kemandirian dan ketahanmalangan(adversity
quotient) terhadap kemampuan pemecahan masalah belajar matematikan pada
siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020.