Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Pada Siswa SMPN 02 Stabat T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Agustia, Sapti Ayu
dc.date.accessioned 2020-03-18T04:32:02Z
dc.date.available 2020-03-18T04:32:02Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2707
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) di kelas VIII-3 SMPN 02 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 02 Stabat. Subjeknya adalah siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 24 siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah pola bilangan. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan persentase siswa yang tuntas hanya 8,7% dengan rata-rata hasil belajar 38. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase kemampuan pemahaman konsep 58,93% dan rata-rata hasil belajar 56,45% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 45,83% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 85,29%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase kemampuan pemahaman konsep 80,72% dan rata-rata hasil belajar 78,54% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 83,3% serta rata-rata hasil observasi pembelajaran matematika sebesar 91,17%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Saran yang dapat diajukan adalah Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika. en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Konsep en_US
dc.subject Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Pada Siswa SMPN 02 Stabat T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account