Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Namun, penelitian ini hanya
sampai pada tahap Implementation. (1) Tahap Analysis mencakup analisis
kebutuhan siswa, karakteristik siswa, serta analisis kurikulum. (2) Tahap Design
adalah tahap perancangan media scrapbook, mulai dari penyusunan desain,
materi, hingga instrumen penelitian. (3) Tahap Development meliputi validasi
media oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain untuk memastikan kevalidan
produk. (4) Tahap Implementation merupakan uji coba penggunaan media
scrapbook di kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan, yang melibatkan respon
guru dan siswa terhadap kepraktisan media.
Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk scrapbook
yang telah melalui proses validasi dan uji kepraktisan. Hasil validasi dari ahli
materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 96,67% (sangat valid), ahli bahasa
98% (sangat valid), dan ahli desain media 84% (valid). Hasil uji kepraktisan oleh
guru memperoleh skor 100 % (sangat praktis), sedangkan respon siswa mencapai
90% (sangat praktis). Dengan demikian, media scrapbook yang dikembangkan
layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPAS, khususnya dalam
memahami konsep daur hidup hewan di kelas IV SD