Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Materi Himpunan Di SMP Swasta Al Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Utami, Dian Nisa
dc.date.accessioned 2020-03-18T04:26:29Z
dc.date.available 2020-03-18T04:26:29Z
dc.date.issued 2019-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2706
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan kognitif siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan kognitif siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas VII A dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C yangberjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitianmenggunakan tes tertulis berbentuk uraian, dimana sal kemampuan awal matematika siswa berjumlah 5 soal dan soal kemampuan kognitif siswa berjumlah 6 soal. Dari hasil analisis data tes di kelas eksperimen 1 diperoleh mean 83,67 dan untuk data tes di kelas eksperimen 2 diperoleh mean 74,125. Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Ancova.Dari data perhitungan hipotesis didapat Fhitung> Ftabel, yaitu 7,384 > 2,00 maka H0 ditolak. Karena H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan kognitif siswa, dan dengan sig < 0,05, dimana 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh perbedaan model pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Student Facilitator and Explaining en_US
dc.subject Kemampuan Kognitif siswa en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Materi Himpunan Di SMP Swasta Al Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account