Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27063
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYANTI, WIDYA FEBRI-
dc.date.accessioned2025-05-08T02:02:23Z-
dc.date.available2025-05-08T02:02:23Z-
dc.date.issued2025-04-14-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27063-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap keterampilan membaca pemahaman cerita pendek pada siswa kelas IV SDN 101897 Kiri Hulu. Model pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menyajikan serangkaian pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali gagasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, di mana kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model Probing Prompting, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya model pembelajaran Probing Prompting, keterampilan membaca pemahaman siswa tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 55 dan kelas eksperimen 45. Setelah diberikan perlakuan, hasil post-test menunjukkan peningkatan signifikan, di mana nilai rata-rata kelas kontrol menjadi 62, sedangkan kelas eksperimen meningkat menjadi 71. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,016, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima, yang berarti bahwa model pembelajaran Probing Prompting memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian, model Probing Prompting direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar, karena mampu mendorong partisipasi aktif siswa serta membantu mereka memahami isi bacaan dengan lebih baik.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectModel Probing Promptingen_US
dc.subjectKeterampilan Membaca Pemahamanen_US
dc.subjectSekolah Dasar.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SDN 101897 KIRI HULUen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_WIDYA FEBRI YANTI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBA.pdfFull Text18.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.