Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian pada UMKM Keripik Ubi An-Nur, dengan
kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui
kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pelanggan
UMKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk dan
kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Selain itu, inovasi produk juga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan,
begitu pula dengan kualitas produk yang menunjukkan pengaruh signifikan.
Namun, kepuasan pelanggan tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan
pembelian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepuasan pelanggan berperan
sebagai variabel intervening yang memperkuat hubungan antara inovasi produk
dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Rekomendasi untuk UMKM
Keripik Ubi An-Nur adalah untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas
produk guna memenuhi harapan pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka