Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/27035
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAMELIA, TATA-
dc.date.accessioned2025-05-07T02:17:16Z-
dc.date.available2025-05-07T02:17:16Z-
dc.date.issued2025-03-14-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27035-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi digital telah mengubah pola komunikasi, salah satunya melalui pesan tertulis yang sering kali minim ekspresi atau dikenal sebagai dry text. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pola komunikasi digital dalam film Dry Text. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk mengungkap makna denotasi dan konotasi dari adegan-adegan dalam film dengan teknik analisis data berdasarkan tanda-tanda yang muncul melalui analisis visual, tekstual, dan naratifnya. Hasil penelitian membahas bentuk-bentuk penggambaran fenomena dry text dalam film, berupa kata-kata dan adegan yang menunjukkan komunikasi digital dengan pesan yang cenderung datar, minim ekspresi, serta kurang empati. Temuan ini diselaraskan dengan hasil wawancara dengan lima orang siswa SMA yang mengkonfirmasi bahwa komunikasi dengan pesan dry text dapat menyebabkan kesalahpahaman, rasa kurang dihargai, atau bahkan perasaan diabaikan. Dan hasil analisis juga menunjukkan bahwa perkembangan teknologi komunikasi khususnya dalam interaksi digital mempengaruhi bentuk pesan, pola interaksi, dan intensitas komunikasi, di mana pesan menjadi lebih singkat dan fleksibel, tetapi berpotensi menciptakan jarak emosional.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectRepresentasien_US
dc.subjectKomunikasi Digitalen_US
dc.subjectFilmen_US
dc.titleREPRESENTASI POLA KOMUNIKASI DIGITAL PADA SISWA SMA MELALUI PESAN TERTULIS: STUDI KASUS FILM “DRY TEXT”en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TATA FINISH_ (1).pdfFull Text4.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.