Research Repository

PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author AINI, FASYAH
dc.date.accessioned 2025-05-05T07:22:57Z
dc.date.available 2025-05-05T07:22:57Z
dc.date.issued 2025-03-20
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27006
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 100 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan pernyataan seperti kuisioner/angket serta teknik analisis data menggunakan program Software Statistical Application for Social Science (SPSS) yaitu uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan, gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhdaap pengelolaan keuangan, status sosial ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Literasi Keuangan en_US
dc.subject Gaya Hidup en_US
dc.subject Status Ekonomi Sosial en_US
dc.title PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account