Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/26983
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMARPAUNG, UMMI AMILA SHOLIHA-
dc.date.accessioned2025-05-03T03:23:06Z-
dc.date.available2025-05-03T03:23:06Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26983-
dc.description.abstractPendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia yang mempengaruhi cara berpikir dan langkah ke depan. Namun, di Indonesia, kualitas pendidikan masih menjadi tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran berbasis gamification menggunakan platform Quizalize, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dimana dalam penelitian ini dirancang suatu tes pilihan berganda yang dikemas dalam sebuah web gamification berbasis quizalize untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas di kelas 3 Sanggar Belajar Pandan, Malaysia. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t_hitung sebesar 3,579 > t_tabel (0,632), serta nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gamification berbasis quizalize berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswaen_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectGamificationen_US
dc.subjectQuizalizeen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN GAMIFICATION BERBASIS QUIZALIZE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI SIMBOL KERAGAMAN AGAMA DI SANGGAR BELAJAR PANDAN MALAYSIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL UMMI.pdfFull Text4.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.