Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada pelajaran matematika siswa kelas VIII T1 SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan tes tertulis dalam bentuk Essay tes sebanyak 5 tes, yang terdiri dari 5 butir soal pada tes awal, 5 butir soal pada tes Siklus I, dan 5 butir soal pada Siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati kreativitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII T1 SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020 yang berjumlah 35 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa pada pelajaran matematika siswa kelas VIII T1 SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020 pada materi lingkaran. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan pendekatan Open-Ended pada tes awal mencapai 51,53% yang keatif, pada siklus II sedikit meningkat menjadi 70,17% yang kreatif, dan pada siklus II berfikir kreatifnya meningkat menjadi 88,37% yang kreatif. Terbukti dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan berfikir kreatif pada pelajaran matematika siswa VIII T1 SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020 dengan menggunakan pendekatan Open-Ended.