Research Repository

PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP PENGGUNAAN SUMBER INFORMASI DALAM KEGIATAN TUTORIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author NAZMA, EMILIA CINDYA
dc.date.accessioned 2025-04-16T02:02:14Z
dc.date.available 2025-04-16T02:02:14Z
dc.date.issued 2025-02-11
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26851
dc.description.abstract Pendahuluan: Kemampuan literasi informasi merupakan hal yang penting di era digital seperti saat ini. Kemampuan literasi informasi yang dimaksud mencakup penemuan informasi secara reflektif, Pemahaman mengenai proses pembuatan dan penilaian informasi, serta penerapan informasi tersebut untuk menghasilkan pengetahuan baru dan berkontribusi secara etis dalam komunitas pembelajaran. Kegiatan tutorial merupakan salah satu metode pembelajaran dan evaluasi kemampuan literasi informasi mahasiswa fakultas kedokteran. Proses pembelajaran melalui kegiatan tutorial meliputi kegiatan diskusi, berpikir kritis, serta mencari dan menggunakan sumber informasi yang valid untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa akan mencari informasi dan keterangan baru dari berbagai sumber. Ketepatan penggunaan informasi sangat penting bagi aktivitas akademik mahasiswa, sikap positif dalam pencarian informasi akan memudahkan mereka menemukan informasi yang akurat dan relevan, sehingga meningkatkan efektivitas belajar dan mendukung perkembangan sebagai pembelajar seumur hidup. Tujuan: mengetahui pengaruh kemampuan literasi terhadap penggunaan sumber informasi dalam kegiatan tutorial pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Metode: penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Hasil: Sebagian besar mahasiswa Fakultas Kedokteran UMSU memiliki kemampuan literasi informasi sebanyak 58 orang (64,4%) dan penggunaan sumber informasi tinggi sebanyak 58 orang (64,4%). Hasil analisis menggunakan uji Spearman diperoleh nilai p<0,001 dan koefisien korelasi sebesar 0,488. Kesimpulan: Kemampuan literasi informasi berpengaruh terhadap penggunaan sumber informasi dalam kegiatan tutorial pada mahasiswa fakultas kedokteran UMSU. en_US
dc.subject Literasi Informasi en_US
dc.subject Penggunaan Sumber Informasi en_US
dc.subject Tutorial en_US
dc.subject Mahasiswa Kedokteran en_US
dc.title PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP PENGGUNAAN SUMBER INFORMASI DALAM KEGIATAN TUTORIAL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA en_US
dc.title.alternative EMILIA CINDYA NAZMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account