Abstract:
Pendahuluan: Kemampuan literasi informasi merupakan hal yang penting di era
digital seperti saat ini. Kemampuan literasi informasi yang dimaksud mencakup
penemuan informasi secara reflektif, Pemahaman mengenai proses pembuatan dan
penilaian informasi, serta penerapan informasi tersebut untuk menghasilkan
pengetahuan baru dan berkontribusi secara etis dalam komunitas pembelajaran.
Kegiatan tutorial merupakan salah satu metode pembelajaran dan evaluasi
kemampuan literasi informasi mahasiswa fakultas kedokteran. Proses
pembelajaran melalui kegiatan tutorial meliputi kegiatan diskusi, berpikir kritis,
serta mencari dan menggunakan sumber informasi yang valid untuk mendukung
tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa akan mencari
informasi dan keterangan baru dari berbagai sumber. Ketepatan penggunaan
informasi sangat penting bagi aktivitas akademik mahasiswa, sikap positif dalam
pencarian informasi akan memudahkan mereka menemukan informasi yang
akurat dan relevan, sehingga meningkatkan efektivitas belajar dan mendukung
perkembangan sebagai pembelajar seumur hidup. Tujuan: mengetahui pengaruh
kemampuan literasi terhadap penggunaan sumber informasi dalam kegiatan
tutorial pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Metode: penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan
pendekatan cross sectional. Hasil: Sebagian besar mahasiswa Fakultas
Kedokteran UMSU memiliki kemampuan literasi informasi sebanyak 58 orang
(64,4%) dan penggunaan sumber informasi tinggi sebanyak 58 orang (64,4%).
Hasil analisis menggunakan uji Spearman diperoleh nilai p<0,001 dan koefisien
korelasi sebesar 0,488. Kesimpulan: Kemampuan literasi informasi berpengaruh
terhadap penggunaan sumber informasi dalam kegiatan tutorial pada mahasiswa
fakultas kedokteran UMSU.