dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan
informasi terhadap keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media audio
visual pada siswa kelas XI Ipa SMA Swasta Dharmawangsa Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap keaktifan belajar siswa dengan
menggunakan media audio visual pada siswa kelas Kelas XI Ipa SMA Swasta
Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pada penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-test posttest
one
group
design.
Dalam
pengambilan
sampel
pada
penelitian
ini
digunakan
teknik
sampling purposive, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan
tertentu yang berjumlahkan sebanyak 34 siswa yang dimana keaktifan belajar
siswa cenderung rendah. Alat instrumen dalam penelitian ini menggunakan
instrumen observasi dan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan
kuantitatif, yakni menguji dan menganalisis data dengan perhitungan angka-angka
dan kemudian menarik kesimpulan dari penguji tersebut, statistik yang digunakan
uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian
yang telah diakukan didapatkan hasil rata-rata pada Pre-test sebesar 66,91 dan
pada hasil post-test didapatkan rata-rata sebesar : 80,32. 3. Dari hasil perhitungan
diperoleh thitung = 5,385 dengan taraf nyata α = 0,05 dan derajat kebebasan dk=
n-1, maka diperoleh ttabel = 1,690. Karena nilai thitung> ttabel = ( 5,385 >
1,690) maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga
kesimpulannya adalah “Terdapat Pengaruh Layanan Informasi Terhadap
Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa
Kelas XI- IPA SMA Swasta Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019. |
en_US |