dc.description.abstract |
Penelitian di latarbelakangi oleh Komunikasi yang efektif sebagai kunci dalam
memberikan pelayanan publik bagi kewajiban pajak. Tujuan Penelitian ini untuk
mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi publik Bapenda Kabupaten
Serdang Bedagai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan narasumber
berjumlah 9 orang. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi komunikasi
Bapenda dalam memberikan Pelayanan Publik kepada masyarakat di Kabupaten
Serdang Bedagai, melalui kegiatan sosialisasi yang bersifat mengajak khalayak
yang berarti bahwa pendekatan yang digunakan dalam menyampaikan informasi
bertujuan untuk melibatkan masyarakat secara aktif, media elektronik seperti
Radio dapat membantu menjangkau audiens yang lebih Bapenda memanfaatkan
berbagai saluran komunikasi yang beragam, seperti media sosial (Facebook dan
Instagram), media cetak (spanduk dan brosur), media elektronik (Radio Lokal
Sergai FM) agar menjangkau audiens yang lebih luas untuk memberikan
informasi yang penggunaan media sosial memungkinkan Bapenda untuk
menjangkau generasi muda dan pengguna aktif internet, sementara media cetak
dan elektronik menjangkau masyarakat yang mungkin lebih nyaman dengan
format tradisional. Selain itu, kegiatan sosialisasi secara langsung memberikan
kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi dan bertanya, sehingga
menciptakan dialog yang lebih terbuka. |
en_US |