Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran problem posing dan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa
pada materi bukti-bukti transaksi di kelas X SMK Negeri 1 Sibolga tahun ajaran
2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMK Negeri 1 Sibolga, dengan sampel sebanyak 27 siswa kelas X
Akuntansi. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran model problem posing. Gambaran
motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing
mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pretes adalah 62,96% dan nilai rata-rata
postes adalah 80%. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran
problem posing terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis, nilai t
hitung (20,979) > t tabel (2,056) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa
sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran
problem posing.