Abstract:
Visual Merchandising merupakan suatu penyajian barang yang ditampilkan dari
toko yang sangat menarik melalui penataan warna, cahaya, dan musik, Product
assortment merupakan suatu kelengkapan pada jenis barang, ukuran barang yang
banyak variasi lalu dijual disebuah toko, agar memenuhi kebutuhan konsumen,
Positive Emotion merupakan seseorang yang merasakan antusiasme, desakan,
serta kesenangan dalam melakukan pembelian pada sutau barang yang tanpa
berpikir panjang, Impulse Buying merupakan suatu proses pembelian yang tidak
direncanakan oleh konsumen ataupun tidak ada pertimbangan pada saat ingin
membeli suatu produk dan secara spontanitas. Data dan informasi diambil dari
Mahasiswi FEB UMSU yang pernah membeli produk Uniqlo. Tujuan penelitian
bertujuan untuk mengetahui pengaruh visual merchandising terhadap impulse
buying, pengaruh product assortment terhadap impulse buying, pengaruh visual
merchandising terhadap positive emotion, pengaruh product assortment terhadap
positive emotion, pengaruh product emotion terhadap impulse buying, pengaruh
visual merchandising terhadap impulse buying melalui positive emotion, dan
pengaruh product assortment terhadap impulse buying melalui positive emotion.
Sampel penelitian ini yang digunakan adalah 96 orang responden Mahasiswa FEB
UMSU yang pernah membeli produk Uniqlo. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik angket dan teknik analisis data SEM-PLS 3.0.
visual merchandising terhadap impulse buying berpengaruh signifkan P-value
sebesar 0,000<0,05. Product assortment terhadap impulse buying berpengaruh
signifikan P-value sebesar 0,004<0,05. Visual merchandising terhadap positive
emotion berpengaruh signifikan P-value sebesar 0,000<0,05. Product assortment
terhadap positive emotion berpengaruh signifikan P-value sebesar 0,000<0,05.
Positive emotion terhadap impulse buying berpengaruh signifikan P-value sebesar
0,001<0,05. visual merchandising terhadap impulse buying melalui positive
emotion berpengaruh signifikan P-value sebesar 0,003<0,05. Product assortment
terhadap impulse buying melalui positive emotion berpengaruh signifikan P-value
sebesar 0,017<0,05.