Abstract:
Kota Medan yang terkenal keras terdepat sekumpulan anak muda yang diberi
namaBumantarateam yang saat ini tengah viral dalam melakukan aksinya. dengan
keanggotaan yang terdiri dari lima anak muda.Aksi mereka adalah membersihkan
sampah yang menumpuk di sungai.Video kegiatan bersih-bersih sungai mereka
unggah di media sosial seperti Instagram. Aksi lima anak muda dari Medan yang
diunggah ke sosial media ini pun menuai sorotan masyarakat. Banyak masyarakat
yang memberikan komentar positif dan memberikan semangat atas aksi yang
mereka lakukan.Bahkan banyak publik figur yang ikut merespon.Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kampanye Komunikasi
Lingkungan Bumantarateam Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat
Tentang Kebersihan Lingkungan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi
terhadap objek penelitian. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan
mereduksi data untuk mendapatkan hasil dari penelitian dengan bersumber dari
hasil literatur atau jurnal-jurnal para ahli yang sesuai dengan penelitian ini.Hasil
penelitian menunjukan bahwa Analisis masalah pada kampanyeBumantara
tentang kebersihan lingkungan melalui media sosial Instagram Bumantara melihat
keresahan yang terjadi lingkungan sekitar, karena menumpuknya sampah
disungai, menyebabkan sering terjadinya banjir.Bumantara terinspirasi kegiatan
serupa yang ada di Bandung yang sudah lebih dulu yaitu Pandawara, sehingga
mereka menyadari bahwa kegiatan positif ini harus disebarluaskan disetiap
kotanya.