Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap memerankan drama siswa
Kelas Xl SMA Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi
di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Tamansiswa
Medan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah sebanyak 20 siswa dan kelas XI
IPA-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian only control
design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan
media ini adalah tes dialog. Setelah data analisis diketahui kemampuan siswa
dalam memerankan drama dengan menggunakan dialog yang ada pada tes
termasuk katagori baik dengan nilai rata-rata 66,67 sedangkan pada kelas
kontrol yang tidak menggunakan model Rotating Trio Exchange memiliki ratarata 48,95 termasuk kategori kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung
yang lebih besar dari ttabel (1,762 > 1,69) dengan ini penelitian yang dilakukan
diterima dan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang
signifikan dalam penggunaan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange
terhadap Memerankan Drama Siswa Kelas Xl SMA Tamansiswa Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020.