Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh aktivitas merespon
pelajaran terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas III SD Negeri 060872 Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah
semua siswa kelas III SD Negeri 060872 Medan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah soal tes yang sebelumnya telah diuji
menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dari analisis data uji normalitas
diperoleh: Lhitung < Ltabel, yaitu 0,1015 < 0,1131. Untuk uji prasyarat analisis
digunakan uji homogenitas dan uji normalitas. Dengan dipenuhinya sifat
normalitas dan homogenitas maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan
menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%
diperoleh: thitung>ttabel, yaitu 3,84 > 1,740. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh
aktivitas merespon pelajaran terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas III SD
Negeri 070872 Medan.