Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan
motivasi belajar siswa dengan adanya penggunaan media visual melalui
layanan klasikal SMAN 1 Padang Bolak. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif,sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas xI sebanyak 25
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil
penelitian : terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan
audio visual melalui layanan bimbingan klasikal. Hal ini dapat diketahui
berdasarkan tabel paired sample t Test nilai signifikan 2 tailed 0,00 kurang dari
0,05 terdapat peningkatan yang signifikan antara variable awal dengan variable
akhir. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa ada peningkatan motivasi
belajar siswa setelah menggunakan audio visual melalui layanan bimbingan
klasikal pada siswa kelas XI SMAN 1 Padang Bolak tahun pembelajaran
2023/2024.